Rabu, 02 April 2014

Keluarga dan Kota

Tentang Pendidikan Anak Di Era Globalisasi

Hidup era globalisasi itu adalah sesuatu yang kita hadapi berkaitan dengan kecanggihan teknologi atau komunikasi yang berkembang pesat di bumi ini, dapat pula memberikan hal yang positif dan negatif pada konsep diri.

Dalam era globalisasi, obsesi pendidik yang memandang anak sebagai gambaran diri, harus dikikis. Begitupula dengan sikap orang tua yang belum mengetahui karakteristik sang anak. Hal itu dapat mempengaruhi psikogis pada si anak tersebut, contoh yang sering ditemukan adalah paksaan dari orang tua untuk meng-les kan si anak, padahal karakteristik si anak tidak terlalu suka dengan sebuah paksaan sehingga itu dapat mempengaruhi psikologis dari si anak tersebut.

Tahap yang di perlukan pada orang tua di era-globalisasi yaitu orang tua harus mempelajari atau mengerti lebih dahulu sebelum sang ana menguasai teknologi. Dengan hal itu orang tua dapat mengawasi sekaligus mengontrol sang anak supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bagi orang tua. Orang tua dapat mempelajari teknologi berawal dari IPAD, android, dan teknologi lainnya.

Berikut ini adalah kontrol beberapa media yang juga berkaitan dengan pendidikan di era globalisasi:

  1. Internet
  2. Games
  3. Film
  4. Komik
  5. Iklan
  6. Radio
  7. Alat-alat komunikasi lainnya
Jadi kesimpulan dari pendidikan era globalisasi bagi orang tua terhadap sang anak adalah jangan teledor dalam mengawasi sang anak dalam penggunaan teknologi atau dunia maya. Orang tua harus mengontrol dan memonitor sang anak karena keduanya sangat butuh bagi peran asuh orang tua, tetapi juga jangan keterlaluan yang dapat mempengaruhi psikologis sang anak memburuk, semua ada batasannya. Tetapi juga bagi orang tua yang terbiasa membawa alat teknologinya kesana-kemari dan alat itu di pakai sangat sering sekali, hal itu tidak baik juga karena hal yang dilakukan oleh orang tua dapat menular terhadap anaknya sehingga alat komunikasi dapat memecah belah hubungan keluarga. Alat teknologi di era globalisasi sangat penting, tapi ada waktu-waktunya yang dimana harus menggunakan alat tersebut, dimana tidak harus (ada waktunya).

Sumber:

  • Disusun 2/4/2014 dari buku "tantangan pendidikan anak di era globalisasi"


Reportase Hasil Wawancara Yang Dilakukan di Summarecon Mall Serpong

  • Pekerja:
Nama : Mas Selamet
Pekerjaan : SPB Speaker
Umur : 23 tahun

Pengalaman bahagia:
Pada saat saya diterima sebagai SPB di pekerjaan ini.

Pengalaman pahit:
Saat saya tidak bisa melanjutkan kuliah akibat keterbatasan dana..


Apa arti hidup bagi anda:
Hidup itu sesuatu yang berarti bagi saya, dan saya selalu memanfaatan kehidupan. saya tidak ingin mengecewakan kehidupan yang saya jalani karena bagi saya hidup hanya sekali, dan tidak bisa di ulang.

Apa arti keluarga:
Keuarga adalah salah satu pegangan hidup saya yang sangat.. sangat penting, karena tanpa mereka saya tidak bisa menjalankan hidup dengan bahagia.

  • Pengunjung
Nama : Bpk Anto
Pekerjaan : Pengusahaan
Umur : 57

Apa arti hidup bagi anda:
Kehidupan adalah pemberian dari Tuhan yang diturunkan kepada kita semua, dan tidak boleh di sia-sian kan

Apa arti keluarga:
Keluarga adalah hal terpenting bagi saya terutama anak dan istri. mereka selalu memberikan saya masukan yang berarti, dan mereka yang menemani hari-harinya saya pada saat apapun, waktu apapun dan suasana apapun mereka sangat berarti bagi saya. sangaatt berartiii.

Apa yang anda cari di Mall ini:
saya ingin bertemu dengan teman-teman lama saya, sudah janjian dari kapan tahu tetapi baru bisa bertemu sekarang. HEHE...

Apakah anda sering berkunjung ke Mall ini:
cukup sering, karena mall ini tempatnya cukup dekat dengan rumah dan suasananya pun enak untuk berkumpul.

4 komentar:

  1. menurut saya, isinya sudah baik dan singkat juga langsung kepada inti dari topik tersebut..

    BalasHapus
  2. Isinya bagus dan bermanfaat. Wawancaranya juga dapat memberikan inspirasi bagi kita. Nilainya 87.

    BalasHapus
  3. isinya materinya sudah bagus, singkat dan jelas, tapi lebih bagus lagi apabila ditambahkan dengan contoh-contoh gambar. Good job, saya beri nilai 89

    BalasHapus
  4. Singkat, padat, dan jelas. Memang benar di era globalisasi saat ini bisa dibilang tidak mudah mendidik dan membesarkan anak. Pemakaian gadget/smartphone yang sudah merakyat, dimana media internet dapat digunakan oleh siapa saja, hingga tukang parkir sekalipun. Hal ini tentu dapat berdampak baik maupun buruk. "Transparansi" dunia maya dapat menambah wawasan dan merusak psikologis anak, khususnya yang belum cukup umur apabila ditemukan konten dewasa, sadis, dll. Oleh karena itu peran Orang Tua dalam mendidik dan membesarkan anak sangatlah penting di era globalisasi seperti ini.

    BalasHapus