Minggu, 30 Maret 2014

Filsafat Yunani


1. Filsafat Yunani

Pengaruh:
Yunani mengembangkan kepercayaan dari barat tentang kejiwaan tubuh dan pendidikan. Terdapat dua sistem metafisik di Yunani, yaitu:
  • Naturalistik : kodrat manusia lebih mengarah pada baik rohani maupun jasmani. (intelektual)
  • Anti-Naturalistik : kodrat manusia tercipta oleh pikiran. (tanpa pendidikan jasmani)

Yunani Ideal: Arete dan Agon
.
  • AreteYunani kuno, arete bermakna "kehebatan" atau "keunggulan." Yang bersifat sementara.Arete meliputi sifatkebajikanketerampilankecakapankebanggaan,keunggulankeberaniandan bangsawan.Arete tidak ada batsannya terhadap pada  pegawai negeri, penyairfilsuf, dan tentara
  • Agon: Agon bermakna "pertarungan." Orang Yunani Kuno memandang segala sesuatu sebagai agon antara dua kekuatan.
Yunani Kuno
Yunani Kuno adalah peradaban dalam sejarah yunani yang dimulai dari periode Yunani Arkais pada abad ke-8 sampai ke-6 SM, hingga berahirnya Zaman Kuno dan dimulainya Abad pertengahan awal. Peradaban ini mencapai puncaknya pada periode Yunani klasik, yang mulai berkembang pada abad ke-5 sampai ke-4 SM. 
Istilah "Yunani Kuno" diterapkan pada wilayah yang menggunakan bahsa yunani pada Zaman Kuno. Wilayahnya tidak hanya terbatas pada yunani modern, tapi juga termasuk wilayah lain yang didiami orang-orang Yunani, di antaranya siprus dan kepulauan ageia. 

Olah Raga Zaman Yunani
1. Athena dan sparta: adalah kota yang terkenal dan memiliki budaya perbedaan yang sangat kontras.

Gambar yang diatas adalah Athena


Gambar yang diatas adalah Sparta
2. Ancient olympic games: pertama kali olimpiade tercatat pada tahun 776 SM. yang dimana olimpiade terjadi setiap empat tahun sekali. Olympiade ini lokasi yang suci yang dimana anyak memperoleh kemenangan. hanya laki-laki yang boleh menonton dan bertanding sedangkan wanita tidak diizinkan hadir di olimpiade ini. 

Gambar diatas merupakan tempat olimpiade ancient.


Sumber:

  • Disusun 30/3/2014 dari Buku.  Mechikoff & Estes, A History and Philosophy of Sport and Physical        Education, Fourth Edition © 2006, The McGraw-Hill Companies, Inc.
  • Gambar diunduh 30/3/2014 dari www.google.com

4 komentar:

  1. menurut saya, isinya sudah menarik tetapi akan lebih baik jika dibahas secara lebih detail dan font (tulisan) anda dapat diperbaiki...

    BalasHapus
  2. Pembahasannya sudah cukup bagus, tetapi mungkin bisa diperjelas lagi setiap bagiannya. Dan fontnya bisa dirapihkan.

    BalasHapus
  3. Artikel kamu bagus dan menarik. Hanya saja jika tulisannya dirapikan maka akan lebih menarik lagi. Secara keseluruhan bagus...

    BalasHapus
  4. Pembahasan dalam artikel sudah cukup bagus dan menarik. Akan tetapi periksa kembali format penulisan seperti font dan jarak penulisan.

    BalasHapus