Selasa, 25 Maret 2014

Religion and Art

Religion
Agama adalah pegangan atau sebuah kepercayaan, sistem budaya dan pandangan dunia yang berkaitan dengan manusia dan printah kehidupan. Banyak agama yang memiliki simbol-simbol atau makna suci yang bermaksud kepada makna hidup atau asal usul kehidupan dialam semesta. Agama juga dapat dijadikan sebuah pembelajaran atau pegangan hidup untuk semua umat manusia yang beragama untuk menuju ke hari akhir. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah dari kitab-kitab atau buku yang bersentuhan dengan agama itu sendiri, di pembelajaran ini ada larangan ada pula perintah atau anjuran. Agama juga mencangkup kitab-kitab suci, tempat-tempat suci, kepatuhan, keanggotaan, dll. Pada setiap agama yang dianut juga memiliki kewajiban masing-masing, contoh dari penjelasan yaitu kalau kita beragama islam kita akan menjalankan ibadah sholat di masjid, umat kristen menjalankan ibadahnya di gereja, dan masih banyak lagi agama-agama di dunia ini.  Praktek agama juga dapat mencakupi ritual, khotbah, peringatan atau pemujaan tuhan, dewa atau dewi, pengorbanan, festival, pesta, trance, inisiasi, jasa penguburan, layanan pernikahan, meditasi, doa, musik, seni, tari, masyarakat layanan atau aspek lain dari budaya manusia.

Gambar 1.1. mendiskripsikan tentang berbagi macam agama di dunia ini.


Art
Seni adalah bermula dari proses manusia, oleh karena itu seni adalah sinonim dari ilmu, atau cabang dari ilmu. Seni dapat dilihat dari segi kreativitas manusia, seni juga diartikan sebagai hasil karya dari sang penciptanya. Didunia ini ada berbagai macam seni, yaitu seni tari, seni musik, seni estetika, seni pertunjukan, seni kontemporer. Bagi saya seni itu sangat berguna bagi ilmu dasar pada masing-masing manusia karena seni itu dapat membuat otak kita lebih relax dalam apapun situasinya dan dapat meningkatkan ke kreativan pada otak manusia.

Gambar 1.2. mendiskripsikan mengenai seni.


> Kaitan antara keduanya (religion dan art) pada persoalan ini, seni menyelimuti berbagai macam tipe salah satu nya adalah seni budaya. Seni budaya pada sisi keagamaan saling berkaitan, karanea pada umumnya mereka pada masing-masing agama pasti memiliki budaya atau kegiatan yang biasa mereka lakukan. seperti contohnya, pada umat muslim akan melaksanakan budaya ibadah puasa yang dimana dilakukan sebulan sekali selama tiap tahunnya, dan masih banyak lagi budaya yang lainnya dan pada agama yang lainnya.

References:

  • Diunduh 25/03/2014 dari http://id.wikipedia.org/wiki/
Gambar :
  • Gambar 1.1. Diunduh 13/04/2014 dari http://homepages.gac.edu/~cogrady/religions.GIF
  • Gambar 1.2. Diunduh 13/04/2014 dari http://laurelwoodbooks.com/images/Art.jpg


4 komentar:

  1. isi artikel anda sudah bagus, akan tetapi lebih baik jika tulisan atau font nya sedikit dirapihkan :)

    BalasHapus
  2. Artikel kamu sudah bagus dan lebih jelas karena ada penjelasan kaitan antara keduanya. Nilainya 88.

    BalasHapus
  3. Sudah cukup bagus, namun akan lebih baik lagi apabila ditambahkan referensi dari buku mengenai agama dan seni, juga kaitan antara keduanya mungkin dapat diganti dari Puasa menjadi Lebaran, Natal, dll. Dimana terdapat ke-khas-an dari hari Ritual tersebut seperti banyaknya ketupat, pohon natal, dll. Hal lain yang perlu diperbaiki adalah typo-typo seperti relax -> relaks, kreativ -> kreatif.

    BalasHapus
  4. Isi dari artikelnya sudah bagus dan menarik tapi akan lebih bagus jika di perbaiki sedikit untuk fontnya yaa. nilainya 86

    BalasHapus