Kamis, 19 Juni 2014

Globalization, Technology, Social Change & Mass Media


1. Globalization, Technology & Social Change

1.1. Theories of Social Change

  • Evolutionary Theory: memandang masyarakat bergerak ke arah tertentu, umumnya maju ke tingkat yang lebih tinggi. Comte melihat masyarakat bergerak maju dalam pemikiran mereka dari mitologi dengan metode ilmiah. Sedangkan Durkheim mempertahankan perkembangan masyarakat dari yang sederhana sampai bentuk yang lebih kompleks.
  • Functionalist Theory: fokus pada apa yang memelihara sistem tersebut bukan apa perubahannya. Menurut equilibrium model, perubahan yang terjadi di salah satu bagian masyarakat harus ada penyesuaian di bagian yang lainnya. 4 Proses perubahan sosial menurut Parson diantaranya adalah diferensiasi, peningkatan adaptif, pencantuman dan nilai generalisasi.
  • Conflict Theory: perubahan diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan sosial dan ketidak setaraan.

1.2. Technology and the Future
Informasi tentang bagaimana menggunakan sumber-sumber materi lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
  • Computer Technology: internet mencapai 1,1 miliar pengguna. Para fungsionalis biasanya positif terhadap internet. Masalah yang kompleks mengenai privasi dan sensor dapat dianggap contoh culture lag. 
  • Biotechnology: bermanfaat bagi manusia tetapi membutuhkan pemantauan konstan. Misalkan pemilihan jenis kelamin janin dan kloning domba dan sapi.

2. The Mass Media

2.1. Sociological Perspectives of the Media

- Functionalist:
  • Media yang mensosialisasikan manusia, menegakkan norma-norma sosial, memberikan status, mempromosikan konsumsi, menjauhkan informasi tentang lingkungan kita, dan dapat bertindak sebagai narkotika.
  • Media meningkatkan kohesi sosial dengan menyajikan pandangan umum budaya. Memberikan pengalaman kolektif bagi anggota masyarakat.
  • Media menegaskan perilaku yang tepat dengan menunjukkan apa yang terjadi pada orang-orang yang melanggar harapan masyarakat.
  • Media sebagai iklan yang mendukung ekonomi, menyediakan informasi dan polis biaya media.
  • Media mengumpulkan dan mendistribusikan informasi mengenai kejadian-kejadian dalam lingkungan sosial.
  • Fenomena di mana media memberikan sejumlah besar informasi seperti penonton yang menjadi kaku dan gagal untuk bertindak berdasarkan informasi tersebut.
- Conflict:
Menekankan bahwa media mencerminkan dan bahkan memperburuk banyak divisi masyarakat kita dan dunia, termasuk gender, ras, etnis, dan kelas sosial.
  • Gatekeeping: bagaimana materi harus melakukan perjalanan melalui serangkaian pos pemeriksaan sebelum mencapai publik.
  • Dominant Ideology: sekelompok keyakinan dan praktik budaya yang membantu untuk mempertahankan kepentingan sosial, ekonomi, dan politik yang kuat. Media massa berfungsi untuk mempertahankan hak-hak istimewa kelompok tertentu.
  • Stereotypes: generalisasi tidak dapat diandalkan tentang semua anggota kelompok yang tidak mengakui perbedaan individu dalam kelompok.
- Feminist:
Feminis berbagi pandangan teori konflik bahwa stereotype media massa dan menggambarkan realitas sosial. Wanita kurang diwakili dan mengabdikan pandangan stereotype gender serta penekanan peran seks traditional dan menormalkan kekerasan terhadap perempuan.

- Interactionist:
Tertarik pada pemahaman bersama dari perilaku sehari-hari. Pemeriksaan media pada tingkat mikro untuk melihat bagaimana mereka membentuk perilaku sosial sehari-hari.

2.2. Audience
Media massa dibedakan dari lembaga-lembaga sosial lainnya dengan kehadiran penonton yang diperlukan.
  • The segmented audience: peran penonton sebagai pemimpin opini atau pendapat mengintrik para peneliti sosial. Seorang opinion leader adalah seseorang yang melalui hari-hari, kontak pribadi dan komunikasi, mempengaruhi pendapat dan keputusan orang lain.
  • The Media Industry
  • The Media’s Global Reach

2.3. Social Policy & Mass Media
  • Media Violence: efek dari film dan acara TV yang mengandung kekerasan terhadap penontonnya. 
  • Sociological Insights: meskipun penonton tidak menjadi kasar atau penuh dengan kekerasan karena menonton hal-hal yang mengandung hal tersebut, kemungkinan terjadinya desensitisasi. 
  • Policy Initiatives: para pembuat kebijakan menanggapi hubungan antara kekerasan yang digambarkan dalam media dan agresi kehidupan nyata sebagai pernyataan publik untuk dukungan konten yang tidak mengandung kekerasan dan beroritentasi kekeluargaan. 
References:
Power Point Binus Maya: Globalization, Technology, Mass Media & Social Change
- Diunduh 19-6-2014 dari Mass Media & Social Movements http://www.globalresearch.ca/mass-media-and-social-movements

Tidak ada komentar:

Posting Komentar